Rabu, 05 Maret 2014

Pengertian Huruf Dan Jenis Jenisnya

Pengertian Huruf Dan Jenis Jenisnya

A. Pengertian Huruf

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, huruf didifinisikan sebagai tanda aksara dalam tata tulis yg merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat kita katakan kalau huruf adalah lambang dari bunyi. Misalnya bunyi be lambangnya atau hurufnya adalah b, bunyi el lambangnya adalah l, dan seterusnya.

B. Jenis-Jenis Huruf

Huruf dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan bunyinya menjadi beberapa macam.

1. Jenis-jenis huruf berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya, huruf dibedakan menjadi 4 yaitu sebagai berikut.
a. Huruf fonemis, yaitu huruf yang melambangkan satu bunyi seperti huruf latin.
b. Huruf silabis, yaitu huruf yang melambangkan satu suku kata seperti huruf jepang atau aksara jawa.

c. Huruf logograf atau idiograf, yaitu huruf yang melambangkan bunyi satu kata

seperti huruf cina.

d. Huruf piktograf, yaitu bunyi huruf yang dilambangkan dalam bentuk gambar atau lukisan peristiwa seperti relif manusia prasejarah.


2. Jenis-jenis huruf berdasarkan bunyinya

Berdasarkan bunyinya huruf dibedakan menjadi:

a. Huruf vokal, yaitu bunyi yang tidak disertai hambatan pada alat bicara, hambatan hanya terdapat pada pita suara, tidak pada artikulator. Jadi udara yang keluar dari paru-paru melewati pita suara dan tidak ada artikulator atau alat ucap yang menghambat seperti bibir, gigi, ataupun lidah. Yang termasuk bunyi vokal adalah a, i, u, e, o, é.

b. Huruf konsonan, yaitu bunyi yang dibentuk dengan menghambat arus udara yang keluar dari paru-paru. Hambatan dapat terjadi pada sebagian alat bicara, seperti hambatan pada dua bibir pada bunyi B, hambatan pada ujung lidah dengan menyentuh belakang gigi depan atas pada bunyi T, dan sebagainya.

c. Huruf semivokal, yaitu bunyi huruf antara vokal dan konsonan. Dalam kamus besar bahasa indonesia, semivokal didifinisikan sebagai bunyi bahasa yangg mempunyai ciri vokal ataupun konsonan, bunyi ini mempunyai sedikit geseran dan tidak muncul sbg inti suku kata. Yang termasuk bunyi semivokal adalah bunyi y dan w.

Tidak ada komentar: