Jumat, 29 Agustus 2014

PROGRAM PELATIHAN JURNALISTIK DAN PENULISAN ILMIAH UNTUK SISWA SMP


PROGRAM PELATIHAN JURNALISTIK DAN PENULISAN ILMIAH UNTUK SISWA SMP

Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Description: http://nasional1.com/img/nassa.png
PROGRAM PENGEMBANGAN WAWASAN KEPENULISAN DENGAN PELATIHAN KEPENULISAN DI BIDANG JURNALISTIK



SMP NASIONAL I
JALAN RAYA HANKAM BOJONG NANGKA II/38
JATIRAHAYU PONDOK MELATI
KOTA BEKASI
2013
MENGEMBANGKAN WAWASAN KEPENULISAN DENGAN PELATIHAN KEPENULISAN DI BIDANG JURNALISTIK

1. Deskripsi Pelatihan
Jurnalistik adalah kegiatan dari wartawan yang berhubungan dengan pengumpulan berita bukanlah alat yang digunakan oleh wartawan. Jurnalistik dan kepenulisan sangatlah berhubungan erat, karena kepenulisan sendiri adalah kegiatan yang berhubungan dengan jurnalistik. Ranah bidang jurnalistik sangatlah luas namun pelatihan ini hanya dikhususkan pada kegiatan kepenulisan ilmiah dan jurnalistik.
Pelatihan dibidang kejurnalistikan dibutuhkan oleh siswa SMP yang memang memiliki minat besar pada bidang jurnalistik, karena pada akhirnya diharapkan skill pada bidang ini dapat membantu para siswa dalam mengembangkan skill pada wawancara setelah mereka lulus nanti. Pelatihan ini digabungkan dengan pelatihan penulisan ilmiah dimaksudkan agar setelah siswa lulus, mereka tidak hanya memiliki skill pada wawancara tetapi juga dapat menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik. Program pelatihan ini dilaksanakan selama 8 jam, dan program pelatihan ini merupakan program rutin dari instansi jawa pos .

2. Konsep Dasar
Secara garis besar pelatihan jurnalistik dan penulisan ilmiah untuk siswa SMP selama 8 jam ini, berangkat dari konsep dasar untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang jurnalistik dan kepenulisan dibidang ilmiah. Dimana fokusnya adalah pada keterampilan pada wawancara dan kepenulisan ilmiahnya.


3. Tujuan Pelatihan
1. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan ilmu jurnalistik bagi siswa SMP.
2. Memberikan wawasan kepenulisan ilmiah setingkat SMP
3. Menjelaskan metode dalam menulis sebuah berita
4. Menjelaskan Dasar Jurnalistik, Teknik Penulisan Berita dan Artikel, teknik Reportase dan Wawancara,
5. Mempraktikan menulis artikel dan berita.
6. Mempraktikan membuat tulisan Essai Ilmiah.

4. Metodologi Pelatihan
Fokus pada pelatihan aktif, presentasi, interaktif, diskusi kelompok, bermain peran, berpikir kreatif, simulasi, belajar dalam kompetisi permainan, studi kasus, latihan, bimbingan, diskusi, perenungan, experiential learning, icebreaker.

5. Manfaat Pelatihan
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :
1. Menggali kemampuan menulis pada siswa,
2. Menambah pengetahuan mereka secara menyeluruh tentang dasar­dasar jurnalistik,
3. Fasilitator bagi para siswa dan bisa membentuk kelompok yang aktif dan partisipatif dalam hal-hal yang berhubungan dengan jurnalistik,
4. Mengimplementsikan kegiatan jurnalistik pada organisasi sekolah misalnya, mading, majalah sekolah maupun lainnya.
5. Memberikan wawasan serta melatih siswa dalam kepenulisan ilmiah setingkat SMP.
6. Materi Pelatihan
• Dasar Jurnalistik, Teknik Penulisan Berita dan Artikel, teknik Reportase dan Wawancara,
   Jurnalisme Online,
   Pengenalan Pers Indonesia,
  Praktek Menulis berita di lapangan.
 Materi kepenulisan ilmiah setingkat SMP.
-       Umum Pengenalan Dasar Jurnalistik
− Perkenalan
− Motivasi menulis
− Pengenalan Pers Indonesia
− Dasar Jurnalistik, Teknik Penulisan Berita dan Artikel, teknik Reportase dan Wawancara,
-       Umum Media tulis dan Teknik Penulisan Berita
 − Jenis dan macam media tulis
− Manfaat menulis di media
− Media popular
 − Media ilmiah
− Trik menulis di media
− Analisis wacana
-       Non Fiksi Staight News
− Pengertian − Prinsip 5 W + 1 H
− Teknik peliputan, penulisan editing
− Bad news, good news, inspiriting news
− Kode etik jurnalistik − Ice breaker
− Jurnalistik perdamaian (peace journalisme)
− Penugasan
− Pembahasan hasil penugasan
− Diskusi kelompok − Editing hasil penugasan 12.00 - ­13.00 Coffee Break Coffee Break
- Non Fiksi Kepenulisan Ilmiah
− Pengenalan kepenulisan rancangan karya ilmiah remaja
− Praktik membuat rancangan karya ilmiah remaja
− Pembahasan
− Pemberian kesan dan Pesan
− Persiapan pulang
7. Waktu Pelaksanaan
- Oktober pekan keempat

                                                                                    Bekasi, 17 Juli 2012
Kepala SMP Nasional I                                           Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



Atik Haryati, S. Pd.                                                 Zaenudin, S. Pd.

Tidak ada komentar: