Kamis, 04 September 2014

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             : SMP Nasional I
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia    
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi   : 3.  Memahami  ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar       : 3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
Alokasi waktu             : 2 x  40 menit

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik Dapat membedakan antara fakta dan opini

v  Karakter siswa yang diharapkan :            Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian            ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      a. Daftar pengalaman siswa
      b. Teks tek berita dalam surat kabar

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
Model Belajar
      b. Inkuiri                                                         

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
·      Peserta didik diajak  melihat Koran dan mencermati iklan yang memuat fakta dan opini
Memotivasi :
·      Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang berbagai isi teks iklan yang memuat fakta dan opini

      b. Kegiatan Inti         
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat membedakan antara fakta dan opini.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Secara kelompok Peserta didik mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam teks iklan
F  Peserta didik  diajak membahas dan mengkelompokkan mana yang berupa fakta dan opini
F  Peserta didik menyi8mpulkan dan membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.   Sumber Belajar
      a. Media cetak / surat kabar
      b. Buku pelajaran bahasa Indonesia

6.   Penilaian
·     Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·        Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
·        Mampu mendata opini yang ada dalam teks
·         Mampu membedakan fakta dan opini
Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
§ Tulislah pernyataan yang merupakan fakta  dan  opini!
§ Bedakan antara fakta dan  opini dalam suatu teks!

      1. Tulislah minimal empat pernyataan yang berupa fakta dan pendapat !
Pedoman penskoran
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik menulis 4 atau lebih fakta dan opini
2
2. Peserta didik menulis 1 – 2 fakta dan opini
1
3. Peserta didik tidak menulis apa-apa
0

      2. Bedakan apa yang dimaksud fakta dan opini
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik dapat membedakan
1
2. Peserta didik tidak dapat membedakan
0
                                         
Mengetahui,
Kepala SMP Nasional I,



Atiek Haryati, S. Pd.

Bekasi, 17 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran,



Zaenudin, S. Pd.

Tidak ada komentar: