RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMP Nasional I
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
IX/1
Standar Kompetensi : 3.
Memahami ragam wacna tulis dengan
membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar
: 3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
dan mendata fakta yang ada.
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik Dapat membedakan antara fakta dan opini
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya
( Trustworthines), Rasa hormat dan
perhatian ( respect
), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage )
2. Materi
Pembelajaran
a.
Daftar pengalaman siswa
b. Teks
tek berita dalam surat kabar
3. Metode Pembelajaran
a. Tanya
jawab
Model
Belajar
b. Inkuiri
4. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
·
Peserta didik diajak melihat Koran
dan mencermati iklan yang memuat fakta dan opini
Memotivasi :
·
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang berbagai isi teks iklan yang
memuat fakta dan opini
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal,
intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi Peserta didik dapat membedakan antara fakta dan opini.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media
pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik
serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas,
diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Secara kelompok Peserta didik mendiskusikan fakta dan
opini yang ada dalam teks iklan
F Peserta didik
diajak membahas dan mengkelompokkan mana yang berupa fakta dan opini
F Peserta didik menyi8mpulkan dan membedakan fakta dan opini dalam
teks iklan
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam
bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan
elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk
memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam
menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan
bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang
atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik
5. Sumber Belajar
a. Media cetak / surat kabar
b. Buku pelajaran bahasa Indonesia
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu mendata fakta yang ada
dalam teks
· Mampu mendata opini yang ada
dalam teks
· Mampu membedakan fakta dan opini
|
Penugasan individual/ke-lompok
|
Pekerjaan rumah (PR)
|
§ Tulislah pernyataan yang merupakan fakta
dan opini!
§ Bedakan antara fakta dan opini
dalam suatu teks!
|
1.
Tulislah minimal empat pernyataan yang berupa fakta
dan pendapat !
Pedoman penskoran
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta
didik menulis 4 atau lebih fakta dan opini
|
2
|
2. Peserta didik menulis 1 – 2 fakta dan opini
|
1
|
3. Peserta
didik tidak menulis apa-apa
|
0
|
2.
Bedakan apa yang dimaksud fakta dan opini
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta
didik dapat membedakan
|
1
|
2. Peserta
didik tidak dapat membedakan
|
0
|
Mengetahui,
Kepala SMP Nasional I,
Atiek Haryati, S. Pd.
|
Bekasi, 17 Juli 2014
Guru Mata Pelajaran,
Zaenudin, S. Pd.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar