Kamis, 04 September 2014

Fabel: Tiga Ikan Bersaudara


TIGA IKAN BERSAUDARA

  D
i sebuah telaga, hidup tiga ikan yang bersahabat. Tetapi mereka saling tidak menyukai. Namun salah seekor diantaranya, cukup bijaksana. Ia lebih banyak menggunakan pikirannya daripada hatinya. Yang satunya, pintar dan mudah ditanyai jika ada masalah. Sedangkan yang terakhir, sangat percaya dengan nasib. Apapu, ia percaya apa yang terjadi terjadilah.
            Pada suatu siang, si bijak berenang diatas air. Dia mendenga seorang nelayan berkata “disini banyak ikan besar, besok aku akan membawa jala ke sini.”
            Mendengar kata nelayan itu, ia segera menemui teman-temanya. Ia mengajak temannya ke danau lain yang bersambungan dengan danau itu.
            “ Aku pikir kita tidak usah menyingkir dari danau ini,” sahut si pintar. “jika para nelayan datang, kita menghindar saja.
            “Akusudah tinggal disini semenjak aku dilahirkan,”kata yang ketiga,yang sangat percaya  pada nasib. “mengapa aku meninggalkan tanah kelahiranku? Biarlah, apa yang terjadi, terjadilah…”
            Akan tetapi ikan yang bijaksana takmau ambil resiko. Ia segera berangkat mengungsi kedanau di sebelahnya,
Hari berikutnya nelayan itu datang dengan jala. Kedua ikan yang tidak mau pergi itu langsung tertangkap. Tetapi si pintar tidak kehilangan akal. Ia pura-pura mati, sehingga nelayan membuangnya keluar. Ia pun berusaha mendekati tepi danau, dan melompat ke dalam danau.
            Sementara itu, ikan yang percaya terhadap nasib, berusaha melompat meninggalkan jala. Tetapi malang nasibnya sebab nelayan melihatnya dan langsung dipukul hingga mati.
             
Rafi Ferdiansyah Raihan 
8-2

Tidak ada komentar: