Kamis, 09 November 2017

MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS

MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA (SOAL NOMOR 7)


SOAL NOMOR 7


Kunci jawaban: C
Pembahasan

Soal di atas menanyakan tujuan penulis sesuai teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal tersebut digolongkan ke level kognitif aplikasi atau penerapan yaitu menyimpulkan isi tersirat dalam teks. 
(BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017-2018/ INDIKATOR SOAL UN)
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Paragraf di atas berisi deskripsi cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Antara lain, dilaksanakan dengan gotong royong. Seluruh warga terlibat dan tidak mendapatkan upah. Pemilik lading cukup menyediakan bahan, peralatan, dan konsumsi. Dengan demikian disimpulkan bahwa tujuan penulis sesuai isi teks adalah mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. 
RINGKASAN MATERI 
Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks. 

GENRE
TIPE TEKS
LOKASI SOSIAL
Menggambarkan (Describing)
Laporan (Report):
melaporkan informasi
Buku rujukan, dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok
Deskripsi: menggambarkan peristiwa, hal, sastra
Pengamatan diri, objek, lingkungan, perasaan, dll.
Menjelaskan (Explaining)
Eksplanasi: menjelaskan sesuatu
Paparan, pidato/ceramah, tulisan ilmiah (popular)
Memerintah (Instructing)
Instruksi/ Prosedur: menunjukkan bgm sesuatu dilakukan
Buku panduan/ manual (penerapan), instruksi pengobatan, aturan olahraga, rencana pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
Berargumen (Arguing)
Eksposisi: memberi pendapat atau sudut pandang
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi): iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel Koran/majalah
Diskusi
(MENGEVALUASI suatu persoalan dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih) 
Respon/ review
Menanggapi teks sastra, kritik sastra, resensi
Menceritakan (Narrating)
Rekon (Recount): menceritakan peristiwa secara berurutan
Jurnal, buku harian, artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line)
Narasi: menceritakan kisah atau nasehat
Prosa (Fiksi ilmiah, fantasi, fabel, cerita rakyat, mitos, dll.), dan drama.
Puisi
Puisi, puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.  Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tidak ada komentar: