MENENTUKAN TUJUAN PENULIS TEKS
PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA (SOAL NOMOR 7)
Kunci jawaban: C
Pembahasan
Soal di atas menanyakan tujuan penulis sesuai teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal tersebut digolongkan ke level kognitif aplikasi atau penerapan yaitu menyimpulkan isi tersirat dalam teks.
(BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017-2018/ INDIKATOR SOAL UN)
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Paragraf di atas berisi deskripsi cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Antara lain, dilaksanakan dengan gotong royong. Seluruh warga terlibat dan tidak mendapatkan upah. Pemilik lading cukup menyediakan bahan, peralatan, dan konsumsi. Dengan demikian disimpulkan bahwa tujuan penulis sesuai isi teks adalah mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat.
RINGKASAN MATERI
Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.
Sumber
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
SOAL NOMOR 7
Pembahasan
Soal di atas menanyakan tujuan penulis sesuai teks. Jika dikaitkan dengan kisi-kisi UN tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia SMA/MA, soal tersebut termasuk ke dalam ruang lingkup materi membaca nonsastra. Soal tersebut digolongkan ke level kognitif aplikasi atau penerapan yaitu menyimpulkan isi tersirat dalam teks.
(BACA BEDAH KISI-KISI UN 2017-2018/ INDIKATOR SOAL UN)
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Paragraf di atas berisi deskripsi cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Antara lain, dilaksanakan dengan gotong royong. Seluruh warga terlibat dan tidak mendapatkan upah. Pemilik lading cukup menyediakan bahan, peralatan, dan konsumsi. Dengan demikian disimpulkan bahwa tujuan penulis sesuai isi teks adalah mendeskripsikan cara berladang komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat.
RINGKASAN MATERI
Tujuan penulis pada suatu teks dapat disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Berikut ini disajikan genre teks dan fungsi teks.
GENRE
|
TIPE TEKS
|
LOKASI SOSIAL
|
Menggambarkan (Describing)
|
Laporan (Report):
melaporkan informasi
|
Buku rujukan, dokumenter, buku panduan, laporan eksperimental (penelitian), presentasi kelompok
|
Deskripsi: menggambarkan peristiwa, hal, sastra
|
Pengamatan diri, objek, lingkungan, perasaan, dll.
| |
Menjelaskan (Explaining)
|
Eksplanasi: menjelaskan sesuatu
|
Paparan, pidato/ceramah, tulisan ilmiah (popular)
|
Memerintah (Instructing)
|
Instruksi/ Prosedur: menunjukkan bgm sesuatu dilakukan
|
Buku panduan/ manual (penerapan), instruksi pengobatan, aturan olahraga, rencana pembelajaran (RPP), instruksi, resep, pengarahan/pengaturan
|
Berargumen (Arguing)
|
Eksposisi: memberi pendapat atau sudut pandang
|
(MEYAKINKAN/Mempengaruhi): iklan, kuliah, ceramah/pidato, editorial, surat pembaca, artikel Koran/majalah
|
Diskusi
|
(MENGEVALUASI suatu persoalan dengan sudut pandang tertentu, 2 atau lebih)
| |
Respon/ review
|
Menanggapi teks sastra, kritik sastra, resensi
| |
Menceritakan (Narrating)
|
Rekon (Recount): menceritakan peristiwa secara berurutan
|
Jurnal, buku harian, artikel Koran, berita, rekon sejarah, surat, log, garis waktu (time line)
|
Narasi: menceritakan kisah atau nasehat
|
Prosa (Fiksi ilmiah, fantasi, fabel, cerita rakyat, mitos, dll.), dan drama.
| |
Puisi
|
Puisi, puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
|
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMA/MA/SMK/MAK) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar