TEKS NONSASTRA PADA KURIKULUM 2006
Teks nonsastra pada kurikulum 2006 meliputi teks deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi, dan narasi yang dapat disingkat DEPAN.
Berikut ini penjelasan singkat pengertian dan contoh teks-teks tersebut.
Teks nonsastra pada kurikulum 2006 meliputi teks deskripsi, eksposisi, persuasi, argumentasi, dan narasi yang dapat disingkat DEPAN.
Berikut ini penjelasan singkat pengertian dan contoh teks-teks tersebut.
NO
|
DEFINISI
|
JENIS PARAGRAF
|
1
|
Karangan yang bertujuan memberikan gambaran atau kesan kepada pembaca
terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin
disampaikan penulis. Dengan karangan ini, pembaca dapat dibuat
seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang
diuraikan penulis baik secara indera, logika, maupun emosi.
|
A. Deskripsi
|
2
|
Karangan yang bertujuan mengisahkan atau bercerita. Dalam karangan ini
peristiwa biasanya disusun menurut urutan waktu ( kronologis), memiliki
tokoh, dan terdapat konflik.
|
B. Narasi
|
3
|
Karangan yang bertujuan membujuk atau menyarankan. Dalam karangan ini
mula-mula dipaparkan gagasan dengan alasan untuk meyakinkan pembaca, kemudian
diikuti dengan ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran kepada pembaca.
|
C. Persuasi
|
4
|
Karangan yang bertujuan menyampaikan suatu gagasan, ide, pendapat,
konsepsi, atau opini penulis disertai data sebagai bukti dan alasan untuk
meyakinkan pembaca atas kebenaran gagasan itu.
|
D. Argumentasi
|
5
|
Karangan yang bertujuan memaparkan, menjelaskan, menyampaikan
penyuluhan/informasi, mengajarkan, dan menerangkan sesuatu tanpa disertai
ajakan atau desakan agar pembaca menerima dan mengikutinya
|
E. Eksposisi
|
NO.
|
TUJUAN PENULISAN
|
JENIS KARANGAN
|
1.
|
Memberikan penjelasan kepada pembaca
|
eksposisi
|
2.
|
Memberikan gambaran yang jelas tentang suatu keadaan
|
deskripsi
|
3.
|
Menceritakan rangkaian peristiwa dengan tokoh-tokohnya
|
narasi
|
4.
|
Mengemukakan pendapat yang disertai alasan yang kuat
|
argumentasi
|
5.
|
Mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu
|
persuasi
|
JENIS KARANGAN
NO
|
CONTOH KARANGAN/PARAGRAF
|
JENIS KARANGAN
|
1
|
Setiap detik penduduk di bumi bertambah lima jiwa. Bisa dipastikan bahwa
pertumbuhan penduduk yang demikian pesat akan menjadi masalah global.Oleh
karena itu, kita perlu mengendalikan pertambahan penduduk dan di sisi lain
kita harus berusaha keras mencari penemuan-penemuan baru untuk memenuhi
tuntutan kehidupan yang tak terelakkan tersebut.
|
persuasi
|
2
|
Masih ada solusi yang baik untuk mengatasi polemik kapal ikan di perairan
kita. Penambahan jumlah kapal besar diperairan Sulawesi, Maluku, dan Irian tidak
perlu diikuti dengan pemindahan kapal kecil ke wilayah lain. Yang terpenting
adalah rasionalisasi jumlah dan ukuran kapal sesuai dengan pemberlakuan
wilayah fishing ground dan fishing base.
|
argumentasi
|
3
|
Ia terlentang seharian di atas trotoar panas itu. Tubuhnya yang tinggal
tulang terbalut kulit itu tertutup oleh pakaian kotor dan dekil yang telah
robek di sana sini, sehingga perutnya yang kempis itu menyeringai dari
sela-sela baju. Bau anyir menyeruak dari borok di borok di kedua kakinya yang
melebar dengan warna merah
|
deskripsi
|
4
|
Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama
dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan adalah olahraga ini selalu
memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga
lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah.
|
eksposisi
|
5
|
Tahun 1977 Dr. Alvarez dan rekan-rekannya dari Universitas California,
Berkeley mendapati sesuatu yang aneh. Ketika sedang meneliti lapisan lumpur
menemukan kandungan tridium berkadar tinggi di antara pembatas dua lapisan
lumpur itu. Pada tahun berikutnya kapal peneliti AS Glomar Challenger Two
juga menmukan tridium berkadar tinggi di perairan New Mexico bagian utara.
|
narasi
|
6
|
Pasar Blaura merupakan pasar perbelanjaan yang sempurna. Semua barang ada
di sana. Di bagian terdepan berderet toko sepatu dalam dan luar negeri. Di
lantai satu terdapat toko pakaian yang lengkap berderet-deret. Di sampaing
kanan pasar terdapat stan-stan kecil penjual perkakas dapur. Di samping kiri
ada pula jenis buah-buahan.
|
deskripsi
|
7
|
Hujan adalah akibat dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada
permukaan air di bumi seperti laut, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini
menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang
terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partikel ini kemudian
menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju tempat lainnya. Jika
konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut
mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke
bumi.
|
eksposisi
|
8
|
Musim semi telah tiba dan salju mencair di ladang-ladang dan
lembah-lembah. Salju di atas puncak-puncak gunung secara berangsur-angsur
mencair dan menggenangi jalan-jalan setapak yang berliku-liku menuju ke dalam
lembah ngarai, bergabung dengan sebuah aliran air yang deras dan berdebur
memperlihatkan kesadaran alam
|
deskripsi
|
9
|
Sore itu kami pergi ke rumah Puspa. Sopir kusuruh memakirkan mobil.
Kemudian, kami memasuki gang kecil. Beberapa waktu kemudian, kami sampai di
sebuah rumah yangh sederhana seperti rumah-rumah di sekitarnya.
|
narasi
|
10
|
Kedisiplinan lalu lintas masayarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal
ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggarannya yang tercatat di
kepolisian. Selain itu, jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun
juga semakin meningkat.
|
argumentasi
|
JENIS-JENIS TEKS PADA KURIKULUM 2013 YANG MENJADI
MATERI SOAL UN 2017/2018 (BERDASARKAN KISI-KISI UN DARI BSNP)
Jenis teks pada kurikulum 2013 melipuiti 22 (dua puluh dua ) teks
Berikut ini disajikan lima jenis teks nonsastra dalam kurikulum 2013 yang
menjadi bahan / materi UN 2017/2018 mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA
Membandingkan Isi, Penggunaan Bahasa, dan Pola Penyajian Beberapa Jenis
Teks Nonsastra (Berita, Eksposisi, Prosedur, Editorial, dan Ulasan/Resensi)
a. Teks Berita
Teks berita merupakan teks yang berisi
berita tentang segala yang terjadi dunia yang ditulis di media cetak, disiarkan
di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Teks berita berisi
fakta.
Teks berita dibuat dengan
struktur: orientasi ^ peristiwa ^ sumber berita.
Orientasi
|
Pembuka tentang hal yang akan diberitakan (semacam abstraksi berita)
|
Peristiwa
|
Merupakan tahap inti berita. Pada tahap ini berita dinarasikan sedemikian
rupa hingga tersaji beberapa fakta yang dimunculkan kemudian (tersusun atas
paragraf-paragraf)
|
Sumber Berita
|
Referensi dari narasumber di dalam berita.
|
Contoh:
Orientasi
|
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani
“kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu
(12/4). (Paragraf 1)
|
Peristiwa
|
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandangan bunga
sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalanjalan dengan
kecepatan tinggi. “Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket
lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi
tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan. (Paragraf
2)
|
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik
supercepat yang akan ditawarkan kepada AS. KA canggih ini menggunakan
teknologimagnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat
magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama. (Paragraf 3)
|
|
….
(Paragraf 4 -15)
|
|
Sumber Berita
|
1. Perdana Menteri
Jepang Shinzo Abe
2. Operator KA Central
Japan Railway
3. Pemerintahan
Presiden Barack Obama
4. Harian bisnis Nikkei
|
b. Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah teks yang
berfungsi untuk mengungkapkan gagasan atau mengusulkan sesuatu berdasarkan
argumentasi yang kuat. Teks eksposisi berisi satu sisi argumentasi: sisi yang
mendukung atau sisi yang menolak.
Struktur teks eksposisi adalah: pernyataan
pendapat (tesis) ^ argumentasi ^ penegasan ulang pendapat.
Contoh:
Pernyataan pendapat (tesis)
|
Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan
International Monetery Fund (IMF)/ World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9-14 Oktober
2012 lalu.Newsletter resmi yang dibagikan IMF kepada seluruh peserta sidang
mengkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil
riset dari McKinsey dan Standard Charteredvyang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia
akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030. (Paragraf 1)
|
Argumentasi
|
Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki
sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka
ini adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan
itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh
di dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari
sektor pertanian, konsumsi, dan energi. (Paragraf 2)
|
Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju
ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi
16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS
tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun
dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030 hanya Amerika Serikat, Cina,
India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi
Indonesia. (Paragraf 3)
|
|
….
(Paragraf 4-7)
|
|
Penegasan ulang pendapat
|
Apabila potensi itu tidak diwujudkan
dalam aksi dan momentum yang baik dan dilewatkan begitu saja karena kita
begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan
menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita
semua saat ini.
(Paragraf 8)
|
c. Teks Prosedur Kompleks
Teks prosedur kompleks adalah teks yang
berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang
diinginkan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik. Teks
prosedur yang langkahnya dapat dibalik-balik disebut teks protokol.
Struktur teks prosedur kompleks
adalah: tujuan yang akan dicapai ^ langkah-langkah.
Contoh:
Tujuan yang akan dicapai
|
Apa Yang Harus Anda Lakukan Jika
Terkena Tilang?
Di Indonesia banyak pengendara kendaraan bermotor. Jika pengendara
melakukan pelanggaran, tentu pihak berwajib akan menilangnya. Pengendara
kendaraan bermotor perlu mengetahui prosedur penilangan. Berikut
ini hal yang harus Anda perhatikan ketika dikenakan surat bukti pelanggaran
berlalu lintas. Dengan memerhatikan hal ini, ketika melakukan pelanggaran,
Anda tidak akan dirugikan dan akan mendapat sanksi sesuai dengan peraturan. (Paragraf
1)
|
Langkah-langkah
|
Pertama, kenali si
petugas. Cobalah mengenali nama dan pangkat polisi yang tercantum di pakaian
seragamnya. Mereka mempunyai kewajiban menunjukkan tanda pengenal. Nama dan
pangkat polisi menjadi penting apabila polisi bertindak di luar prosedur.
Jangan hentikan kendaraan Anda jika ada orang berpakaian preman mengaku
sebagai polisi lalu lintas (polantas)!(Paragraf 2)
|
….
(Paragraf 3-5)
|
|
Kelima, terima atau
tolak tuduhan. Setiap pengemudi mempunyai dua alternatif terhadap tuduhan
pelanggaran yang diajukan polantas, yaitu menerima atau menolak tuduhan
tersebut. Apabila menerima tuduhan, Anda harus bersedia membayar denda ke
bank. Anda akan diberi surat tilang berwarna biru. Tanda tanganilah surat
bukti
pelanggaran berlalu lintas itu. Di baliknya terdapat bukti
penyerahan surat atau kendaraan yang dititipkan. Surat atau kendaraan yang
ditahan dapat diambil jika Anda dapat menunjukkan bukti pembayaran denda.
Jika menolak tuduhan, katakan keberatan Anda dengan sopan. Anda akan diberi
surat bukti pelanggaran berlalu lintas berwarna merah sebagai undangan untuk
mengikuti sidang. Penentuan hari sidang memerlukan waktu 5--12 hari. Barang
sitaan baru dapat dikembalikan kepada pelanggar setelah ada keputusan hakim.
(Paragraf 6)
|
d. Teks Editorial
Teks editorial adalah teks pada koran
atau majalah yang merupakan ungkapan wawasan atau gagasan terhadap sesuatu yang
mewakili koran atau majalah tersebut. Editorial juga disebut tajuk rencana.
Teks editorial atau tajuk rencana
disusun dengan struktur: pernyataan pendapat (thesis statement) ^
argumentasi (arguments) ^ pernyataan ulang pendapat (reiteration).
Contoh:
Pernyataan pendapat
|
Menjual Sembari Menjaga Nirwana
Indonesia adalah surga sekaligus kisah
nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu. Ada begitu
banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya,
tempat-tempat itu belum digarap serius sebagai tujuan wisata. Jangankan membuat
program wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidak
dilakukan pemerintah. (Paragraf 1)
|
Argumentasi
|
Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan keindahan sejumlah tempat terancam
oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah. Padahal, dengan pariwisata,
daerah bias mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam
selingkungannya. (Paragraf 2)
|
Di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata. …(Paragraf 3-9)
|
|
Pernyataan ulang pendapat
|
Indonesia memang surga sekaligus kisah
nyata. Di tangan para pemangku kepentingan terletak tanggung jawab
merayakannya. (Paragraf 10)
|
e. Teks Ulasan
Teks ulasan adalah teks yang dihasilkan
dari sebuah analisis terhadap berbagai hal. Teks ulasan dibuat agar orang lain
dapat memahami hasil penafsiran dan evaluasi yang dilakukan.
Struktur teks ulasan adalah: orientasi
^ tafsiran isi ^ evaluasi ^ rangkuman.
Orientasi
|
Gambaran umum karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya sastra
dapat berupa paparan tentang nama, kegunaan, dan sebagainya.
|
Tafsiran isi
|
Pandangan pengulas tentang karya yang diulas. Pada bagian ini penulis
biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip.
Penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas.
|
Evaluasi
|
Penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Berisi gambaran
secara terperinci suatu karya atau suatu benda yang diulas. Hal ini bisa
berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut.
|
Rangkuman
|
Ulasan akhir berupa simpulan karya tersebut.
|
ISI DAN POLA PENYAJIAN BERBAGAI TEKS
Jenis Teks
|
Tujuan
|
Struktur
|
1. Berita
|
Menyampaikan suatu informasi/berita
|
· orientasi
· peristiwa
· sumber berita.
|
2. eksposisi
|
Memaparkan informasi yang dilengkapi gagasan atau usulan berdasarkan
sudut pandang tertentu
|
· pernyataan pendapat
(tesis)
· argumentasi
· penegasan ulang
pendapat.
|
3. prosedur
|
Memaparkan cara melakukan sesuatu dengan baik dan benar
|
· tujuan yang akan
dicapai
· langkah-langkah.
|
4. editorial
|
Mengemukakan pendapat atau pandangan suatu media tentang suatu fenomena
sosial
|
· pernyataan pendapat
(thesis statement)
· argumentasi
(arguments)
· pernyataan ulang
pendapat (reiteration).
|
5. Ulasan/resensi
|
Mengevaluasi/menilai daya tarik suatu karya
|
· Orientasi
· tafsiran isi
· evaluasi
. rangkuman. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar